Home > Excel > Menghitung Laporan Hotel Menggunakan Excel

Menghitung Laporan Hotel Menggunakan Excel

Pada sebuah hotel tentu tiap bulan atau bahkan tiap harinya ada laporannya,diantaranya berapa pendapatan tiap bulannya, kamar kelas apa yang sedang laku dan berapa jumlah nominal tiap kelas kamar dan tentunya masih banyak sekali point point bisa d jadikan laporan, berikut ini adalah sebagian dari laporan yang dibuat menggunakan Ms.Excel

1. Buat table kamar

Tabel Kamar

dalam table tersebut dijelaskan masing2 harga kamar per kelas yang akan dijadikan acuan pada tiap transaksi

2. Membuat Form untuk menghitung jumlah uang yang diterima pada tiap kamar yang digunakan

Laporan Bulanan Hotel

untuk menghitung lama tamu menginap Cell F5 =INT(D5-C5)

untuk menghitung tarif kamar tiap kelas menggunakan acuan table kamar menggunakan fungsi HLOOKUP, jadi cell G5 =HLOOKUP(E5,$C$17:$E$18,2,0)

untuk menghitung Total Bayar tingkal dikalikan tarif X Lama nginap, untuk cell H5 =G5*F5

untuk menghitung discount cell I5 =IF(F5>2,IF(E5=”VVIP”,5%,IF(E5=”Deluxe”,10%,0%)),0%) . Discount ini diberikan kepada tamu yang mnginap lebih dari 2hari di kamar VVIP sebesar 5% dan dikamar deluxe 10%.

3. Menghitung rekapan lainnya

Rekap Total

nah..untuk rekapan ini monggo dibuat no 1-7, menggunakan fungsi yang masih sederhana,,ato silahkan DOWNLOAD FILE nya bila anda ingin mencoba,,,

smoga manpaat :)

Categories: Excel Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Comments links could be nofollow free.